-->

Curug Muara Jaya Argapura Maja Wisata Alam Majalengka

Liburan sekolah tahun 2017 ini, ayahraisa bersama anak-anak mengunjungi wisata alam yang ada di Kabupaten Majalengka. Namanya Wisata Curug Muara Jaya atau sering disebut Curug Maja atau Curug Apuy yang berlokasi di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.
Awalnya sempat ragu untuk mengunjungi wisata alam ini, karena menurut informasi medan jalan yang menanjak lumayan cukup tajam dan menantang, sedangkan ayahraisa menggunakan kendaraan motor yang sehari-harinya dipakai di jalan yang datar.

Curug Muara Jaya Argapura Maja

Untuk Rute ke Curug Muara Jaya dari Majalengka Kota (Dari Arah Bandung/Tol Cipali), cukup mudah sekali, Ikuti jalan Raya (Jl. KH. Abdul Halim) ke arah timur menuju Cigasong, Nanti akan bertemu dengan Bundaran Mangga Gincu, kita ambil ke arah kanan atau yang menuju ke Kec. Maja. Rute ke Curug Maja dapat melalui jalan yang dekat pasar Maja/Terminal Maja, atau melalui jalan yang di Depan Polsek Maja, sebelum Jembatan Cilongkrang. Nanti akan bertemu dengan Pertigaan (Kantor Koramil), ambil yang ke arah Kanan.

Pemandangan Terasering di sepanjang jalan

Di sepanjang jalan terlihat pemandangan yang indah, terasering lahan sayuran terlihat begitu mempesona, dan tentu saja udara yang sejuk, segar dan pemandangan pedesaan yang segar. Dari jalan tersebut terus ikuti dan nanti ada pertigaan, juga ada spanduk petunjuk jalan, belok kanan untuk ke Curug Muara Jaya dan belok kiri ke lokasi Bumi Perkemahanan (Buper) Cipanten. Untuk menuju lokasi curug, medan jalan lumayan menantang, karena adanya turunan dan tanjakan yang ekstrim dan sempit. Untuk pengendara mobil disarankan berhati-hati. Dan untuk pengendara motor pastikan motor anda dalam kondisi prima.
Eksotisme Curug Muara Jaya Argapura
Akhirnya setelah menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan, Alhamdulillah kami sampai juga di lokasi. Ketika masuk kita membayar Rp. 3.000 untuk biaya parkir. Dan untuk tiket masuk Curug Maja terhitung murah dan terjangkau. Kami berempat (dengan 2 anak), hanya membayar 40.000. Murah kan ? Untuk menuju ke Curug Maja nya kita diharuskan berjalan kaki, kondisi jalan cukup bagus menggunakan pavin blok, sehingga terasa nyaman dan segar. Medan jalan full turunan, meskipun begitu udara yang sejuk, hawa yang dingin menjadi penghapus akibat kecapekan.

Aksi anak-anak di Curug Muara Jaya Argapura

Sampai akhirnya tiba di curugnya, anak-anak langsung bermain air. Air dingin, sejuk dan masih jernih membuat anak-anak asyik bermain air. Meskipun begitu, tetap dijaga ya anak-anak kita, karena lumayan banyak batu-batu di sekitarnya.  Apabila kita ingin naik lagi lebih atas lagi, bisa dengan membayar Rp.2.000 / orang.

Foto dari dasar Curug Muara Jaya

Fasilitas dan sarana yang dimiliki diantaranya :
1. Arena bermain untuk anak-anak
2. Mushola, Toilet dan warung-warung
3. Hiburan musik
4. Penjualan souvenir
5. Lain-lain

Meski perjalanan ke Curug Muara Jaya ini lumayan menantang, namun bagi kami ini perjalanan yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak yang bisa merasakan wisata alam di Kabupaten Majalengka. Ayo berwisata alam ke Majalengka !!

0 Response to "Curug Muara Jaya Argapura Maja Wisata Alam Majalengka "