-->

Tips Mengatasi Pointer/Kursor Laptop Meloncat-loncat Sewaktu Mengetik

Alhamdulillah, segala puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, sehingga Ayah Raisa masih dapat menulis dan berbagi melalui blog ini.
Tulisan ini ditulis dari pengalaman sendiri, saat itu, sekitar dua hari yang lalu, ada seorang tetangga saya membawa Netbook milik teman kerjanya. Netbook Acer One nomor seri 7xx sekian lah (saya lupa lagi nomor serinya :D ). Tetangga saya bilang, pointer/kursor netbook meloncat-meloncat saat mengetik dokumen terutama di program Microsoft Word, karena memang sering dipakai untuk mengetik. Jadi ketika mengetik satu baris, tiba-tiba pointer netbook itu loncat atau berpindah ke baris sebelumnya, dan itu terus terjadi, sehingga menghambat dalam menyelesaikan pekerjannya. Jadi intinya dia ingin mengatasi pointer/kursor laptop yang meloncat-loncat sewaktu mengetik di Microsoft Word

 

Setelah mendapat informasi error atau masalah yang dialami, otak saya mulai berpikir sambil browsing juga di internet hehehe...... Di bawah ini beberapa perkiraan/dugaan saya terkait solusi masalah pointer/kursor laptop yang loncat-loncat :
1. Karena berkaitan dengan perangkat mengetik, keyboard/mouse/touchpad, saya mulai mengamati perangkat-perangkat tadi. Saya simpulkan masih normal. 
2. Adanya virus yang masuk atau aplikasi-aplikasi yang terinstall dari internet, karena saat ini sering kali user yang aktif surfing di internet, tidak menyadari adanya software yang autoinstall (menginstall sendiri) yang datangnya bisa dari website-website yang tidak dikenal. Bisa juga disebut Malware. Setelah saya periksa dengan antivirus, hasilnya bersih. Tidak ada virus atau aplikasi yang mencurigakan. 
3. Analisa saya ketiga, ini mungkin diakibatkan oleh sensitifnya touchpad di laptopnya, sehingga tanpa kita sadari bagian dari telapak tangan kita menyentuh touchpad dan menyebabkan perpindahan kursor/pointer laptop tadi. Akhirnya saya berkesimpulan fungsi touchpad dinonaktifkan saja. Cara menonaktifkan touchpad yaitu 
a. Masuk ke control panel ---->> Mouse atau tekan tombol F7 
b. Setelah masuk di menu Mouse, lihat ke ujung paling kanan, biasanya ada sub menu dari touchpad laptopnya. 
c. Klik touchpadnya dan klik Stop Device. 

Apabila setelah menonaktifkan touchpadnya dan ternyata masih tetap, pointer/kursor meloncat-loncat, cobalah cara terakhir dari Ayah raisa yaitu mendownload TouchFreeze. TouchFreeze yaitu software gratis (freeware) yang berfungsi untuk menonaktifkan fungsi touchpad sewaktu kita sedang mengetik. Jadi dengan TouchFreeze akhirnya masalah Pointer/Kursor Laptop meloncat-loncat dapat teratasi. Tapi dimana kita bisa mendapatkan software TouchFreeze ini ? gampang saja sobat-sobat, silahkan download Software TouchFreeze. Sekalian mo donasi juga boleh, tapi bukan punya saya lho softwarenya hehehehe 

Alhamdulillah akhirnya permasalahan Pointer/Kursor Laptop Meloncat-loncat Sewaktu Mengetik sudah teratasi. Semoga bermanfaat. 
  

2 Responses to "Tips Mengatasi Pointer/Kursor Laptop Meloncat-loncat Sewaktu Mengetik "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel