-->

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang telah memberikan nikmat Islam, iman, nikmat kesehatan dan nikmat umur, sehingga ayahraisa masih dapat berbagi informasi di blog ini. 

                                                                                                                                 besthdwallpaperin

Insya Allah beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia, dimana di bulan ini terdapat beberapa keutamaan bulan Ramadhan, diantaranya :

  1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an
  2. Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba
  3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan
  4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya do’a

Pada bulan Ramadhan ini, Allah SWT mewajibkan bagi muslim untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Allah SWT berfirman,
“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).  

Ayat di atas memang tidak menunjukan kapan waktu berpuasanya, namun mengenai waktunya terdapat dalam firman Allah SWT :

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al Baqarah: 185)

Dari penjelasan di atas jelaslah bagi kita bahwa pada bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa. Menjalankan ibadah puasa memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, diantaranya :

1.    Puasa adalah jalan meraih takwa
2.    Puasa adalah penghalang dari siksa neraka
3.    Amalan puasa akan memberikan syafa’at di hari kiamat kelak
4.    Orang yang berpuasa akan mendapatkan pengampunan dosa
5.    Puasa menjadi pengekang syahwat
6.    Pintu surga Ar Rayyan bagi orang yang berpuasa
7.    Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab terkabulnya do’a

Untuk menjalankan ibadah puasa secara benar sesuai aturan agama Islam, maka harus memenuhi ketentuan rukun, syarat wajib dan syarat sahnya puasa. Semoga kita semua dapat dilancarkan dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini. Aamiin.
Wallahu a’lam

Sumber :
1. Buku Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah, Penulis Muhammad Abduh Tuasikal

0 Response to "Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel