-->

Bagaimana Cara Mengganti Keyboard Netbook Acer Aspire AO756

Alhamdulillah, ayahraisa masih dapat berbagi informasi. Tulisan ini merupakan pengalaman sendiri, bagaimana cara memasang keyboard Netbook Acer Aspire AO756. Selain beraktivitas dagang di dunia maya ayahraisa juga menerima service komputer dan laptop. Dan kebetulan ada temannya langganan saya yang netbooknya mengalami masalah.
 


Netbook yang bermasalah ini bermerk Acer Aspire AO 756. Gejala yang terasa yaitu saat pertama kali booting, netbook tidak langsung masuk ke windows, selalu masuk ke BIOS terus padahal tidak memijit salah satu tombol. Memang bisa diakalin dengan cara memilih Exit Discard Change, memang bisa masuk ke Windows. Namun kalau itu dilakukan berkali-kali dan setiap hari bisa-bisa pusing pala berbie hehehe.

Melihat gejala itu, booting langsung masuk ke bios. Saya langsung menduga ini ada masalah dengan keyboard netbook. Biasanya keyboard netbook mengalami error ditandai dengan bunyi "tiit" pada saat booting. Tapi meski tidak ada bunyi tersebut saya langsung menduga itu dari keyboard. Ya udah singkat cerita saya langsung bilang keyboard diganti aja. Akhirnya sepakat untuk diganti.

Setelah beli keyboard di tokopedia, karena di tempat saya jarang yang jual ginian, akhirnya keyboard datang. Namun setelah dilihat2 ternyata keyboard di Netbook AO 756 ini berbeda dibanding netbook lainnya. Perbedaannya yaitu si keyboard ternyata berada di dalam frame keyboard dari netbook. Yang artinya saya harus membuka semua mur. weleh.. weleh...

Langsung saja begini cara membuka memasang keyboard Acer Aspire AO 756
1. Buka baterainya dulu, dengan cara menggeser dari lubang pembuka baterai. 

2. Buka semua mur yang terluar, dan yang berada di tiap sisi netbook.
3. Buka cover plastik yang bagian belakang
4. Buka semua mur, termasuk mur kipas procesor. Jangan lupa juga copot konektor wifi dan kabel kecil touchpad.  

5. Angkat ke atas dari tiap sisi netbook seperti terlihat digambar. Bisa menggunakan alat bantu obeng gepeng yang kecil. 

6. Hati2 karena kabel keyboard masih tersamsung di bagian dalam/bawah. Cabut dulu kabel keyboardnya. 

7. Angkat keyboard dan balikan. Terlihat mur-mur kecil yang melekat pada frame keyboard, buka semua mur-mur kecil tersebut. Sampai keyboard terlepas dari frame keyboard netbook.
8. Akhirnya keboard sudah terlepas dan siap diganti.
9. Untuk proses pemasangan kembali keyboard, langkah-langkahnya seperti yang telah dilakukan. Tinggal pasang keyboard dan pasang lagi mur-mur, koneksi wifi, kabel seperti semula. Oh ya jangan lupa ada mur yang ukuran pendek jangan sampai tertukar.
10. Ok deh penggantian keyboard Acer Aspire AO 756 telah selesai dikerjakan.

Setelah dicoba, alhamdulillah ternyata analisa saya tidak meleset. Netbook kembali normal dan saat booting langsung masuk ke windows, bukan ke bios.  
    

2 Responses to "Bagaimana Cara Mengganti Keyboard Netbook Acer Aspire AO756"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel